hari jadi hari jadi
komunika

Bupati Minta Buku Tentang Sejarah Sinjai Diperbanyak


  Rabu, 27 November 2019 5:51 am

Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa saat membuka acara bedah buku di Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Sinjai, Rabu (27/11/2019). Ia meminta buku sejarah Sinjai diperbanyak. (foto: doc humas)

Sinjai.Info, Sinjai Utara,– Untuk meningkatkan budaya baca di Kabupaten Sinjai, maka penting didorong minat menulis buku di kalangan masyarakat. Terutama buku ber-konten lokal Sinjai.

Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai harus berperan menumbuhkan semangat menulis ini. Minimal memfasilitasi semua upaya penulisan buku tentang Sinjai.

Penegasan ini disampaikan Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa saat membuka acara bedah buku ‘Sinjai dalam Bingkai Sejarah dan Budaya’ di halaman kantor Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Kabupaten Sinjai, Rabu (27/11/2019).

“Buku ini penting untuk mengingatkan sejarah kita di Sinjai. Bisa menjadi referensi masyarakat kita. Perlu disadari bahwa sangat sedikit kita punya buku tentang sejarah Sinjai. Minim referensi. Seharusnya kita munculkan sejarah kita dalam bentuk buku,” pinta Bupati Sinjai.

Bupati mengajak semua elemen untuk bersama menumbuhkan budaya baca dan tulis. “Dinas Perpustakaan dan Kearsipan harus bikin lomba penulisan buku untuk milenial. Khusus buku yang akan dibedah, Saya berharap ini menjadi buku wajib di sekolah,” pesannya.

Selain bedah buku, dinas terkait juga mengadakan Lomba Cerdas Cermat, Duta Baca dan Sinopsis Buku. Semua lomba dimulai pada Kamis besok.

Sebelumnnya, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsipan, La Baba Paisal menyampaikan bahwa tujuan diadakannya kegiatan ini untuk mendorong kemajuan budaya literasi di Kabupaten Sinjai dan berkontribusi dalam penciptaan karya tulis, memunculkan penulis-penulis yang berbakat, inovatif dan kreatif, meningkatkan kegemaran membaca masyarakat melalui karya tulis yang tercipta serta menambah wawasan dan informasi masyarakat.

Pada pelaksanaan bedah buku tersebut, Penulis buku, Muhannis mempresentasekan buku yang ditulisnya dihadapan guru-guru sekolah, para pembedah, serta pegiat sejarah Sinjai yang tergabung di Grup FB Sejarah Sinjai.

Hadir sebagai pembedah buku pada kegiatan tersebut, yaitu Haerani Dahlan, Dr. Judrah, Dr. Asriadi, Dr. Hermansyah, Dr. Anis, dan dipandu oleh moderator, Zainal Abidin Ridwan. Turut Hadir Wakil Bupati Sinjai, Hj. A. Kartini Ottong, para Kepala OPD, dan para Kabag Setdakab Sinjai.

(ZAR)

Berita Populer

To Top