Cegah TB, Dinkes Bagi-Bagi Masker di Terminal – Sinjai Info
komunika

Cegah TB, Dinkes Bagi-Bagi Masker di Terminal


  Minggu, 25 Maret 2018 3:26 am

Aksi edukasi yang dilakukan Dinkes Sinjai memperingati hari TB sedunia, Sabtu (24/3). (foto: doc dinkes)

Sinjai.Info, Sinjai Utara,– Memperingati Hari Tuberkulosis (TB) Sedunia yang ke-36, Dinas Kesehatan Kabupaten Sinjai membagikan masker secara cuma-cuma di sejumlah lokasi di Sinjai, Sabtu (24/3/2018) seperti di jalan raya dan terminal angkutan umum.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Sinjai, dr. A. Suryanto Asapa, pembagian masker ini dilakukan untuk mengimbau masyarakat agar dapat menjaga kesehatan. Ia berharap, lewat kampanye ini, dapat menggugah kesadaran masyarakat mengenai dampak penyakit TB.

“Harapan kami masyarakat teredukasi lebih baik dalam mengenali penyakit tuberkulosis, dan meningkatkan kesadaran masyarakat mengenai penyakit TB ini. Kami juga mengajak masyarakat termasuk media untuk membantu menemukan kasus TB di lingkungan sekitar,” harapnya.

Sementara Kepala bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Akhriani Sattar, menyampaikan selain bagi-bagi masker, Dinas Kesehatan Sinjai juga telah melakukan beberapa kegiatan diantaranya deteksi dini penderita TBC melalui program ketuk pintu atau kunjungan dari rumah ke rumah, serta rujukan penderita batuk ke sarana pelayanan untuk penegakan diagnosa.

Di Sinjai terdapat 437 orang penderita TB berdasarkan data tahun 2017. Untuk menekan jumlah penderita TB dan mencegah adanya penderita baru, pihak Dinas Kesehatan gencar melakukan sosialisasi hingga edukasi pencegahan. (Kari)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2018 I All Right Reserved

To Top