hari jadi hari jadi
Edukasi

Dr. Hermansyah: PPDB Harus Berkeadilan


  Sabtu, 2 Mei 2020 5:19 am

Ketua Dewan Pendidikan Sinjai, Dr. Hermansyah berharap proses penerimaan peserta didik baru atau PPDB 2020 berjalan transparan, akuntabel, dan berkeadilan. (foto: doc pribadi)

Sinjai.Info, Sinjai Utara, — Di masa proses penerimaan peserta didik baru (PPDB) untuk tahun ajaran 2020 ini, Dewan Pendidikan Sinjai berharap, agar prosesnya dapat berjalan sesuai aturan dan ketentuan yang berlaku, agar setiap ruang kesempatan bagi anak usia sekolah dapat menikmati layanan pendidikan yang baik.

Hal ini ditekankan Ketua Dewan Pendidikan Sinjai, Dr. Hermansyah,S.Sos,M.I.Kom, melalui rilisnya, Sabtu (02/05/2020) pagi.

“Bahwa apa yang menjadi tujuan dari peraturan Bupati tentang PPDB, dapat dijalankan oleh setiap satuan pendidikan, TK,SD dan SMP dalam melaksanakan proses penerimaan, pendaftaran dan penetapan kelulusan anak didik baru di tahun 2020 ini,” tulisnya.

Lanjut tambahnya, proses penerimaan peserta didik baru diharapkan berjalan tanpa diskriminatif, objektif, akuntabel, transparan, dan berkeadilan sehingga dapat memberikan kesempatan yang seluas-luasnya bagi warga negara yang usia sekolah agar memperoleh layanan pendidikan yang sebaik-baiknya.

” Karena itu dibutuhkan adanya kreasi setiap kepala sekolah untuk menciptakan upaya positif dalam memberikan layanan kepada anak usia sekolah yang mendaftar tahun ini, termasuk berupaya mengurangi kendala yang dihadapi oleh masyarakat, terutama anak didik usia sekolah yang hendak mendaftar secara online,” harap Hermansyah.

Selain itu, Dewan Pendidikan menilai bahwa pola pendaftaran online memang adalah upaya terbaik dilakukan di masa wabah covid 19 ini.

“Namun beberapa hal yang patut menjadi pemikiran bersama bahwa tingkat kemampuan anak didik tidak sama dalam memanfaatkan layanan online, jadi dibutuhkan adanya pengorbanan, kebijakan dan kemauan kepala sekolah untuk melakukan pola lain untuk merekrut siswa baru, yang penting masih berada pada wilayah zonasi sesuai dengan Perbup nomor 4 tahun 2020,” tandas Ketua Dewan Pendidikan Sinjai.

(ZAR)

Berita Populer

To Top