Kadis Dikpora Sinjai Gagas ‘Toga’ dan ‘Tomas’ Masuk Sekolah – Sinjai Info
Edukasi

Kadis Dikpora Sinjai Gagas ‘Toga’ dan ‘Tomas’ Masuk Sekolah


  Minggu, 27 Maret 2016 1:11 pm

5Sinjai Utara, Sinjai.info,- Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kab. Sinjai, Hj. Mas Ati menggagas inovasi pendidikan karakter dan akhlak di lingkungan sekolah. Inovasi ini dalam bentuk program pelibatan Tokoh Agama (Toga) dan Tokoh Masyarakat (Tomas) untuk mengajar di sekolah.

“Program ini saya namakan ‘Toga’ dan ‘Tomas’ masuk sekolah pada program Kelas Inspirasi Mancajimacca. Mancajimacca itu sendiri adalah akronim dari ‘Membentuk Akhlak Anak, Cerdas, Berjiwa Mandiri Menggapai Cita-Cita’. Melalui program ini diharapkan karakter dan akhlak anak akan lebih baik” Urai Kadis Dikpora Sinjai.

“Jadi kami akan alokasikan waktu untuk tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk datang ke sekolah, dan memberikan pendidikan karakter serta berbagi inspirasi dan motivasi kepada peserta didik di semua gugus sekolah dasar” Jelas Ketua Perwosi Kabupaten Sinjai ini. Rencananya menurut Hj. Mas Ati, Toga dan Tomas akan mengajar selama dua kali dalam sebulan.

Meski pendidikan karakter jelasnya sudah diintegrasikan ke dalam mata pelajaran tertentu, namun intensitasnya perlu ditambah dengan melibatkan stakeholder. Hal ini dianggap penting dan mendesak mengingat berkembangnya godaan-godaan dewasa ini, melalui maraknya berita dan tayangan di media cetak maupun noncetak (televisi, jaringan maya, dll) yang memuat fenomena dan kasus perseteruan dalam berbagai kalangan yang memberi kesan seakan-akan bangsa kita sedang mengalami krisis etika dan krisis kepercayaan diri yang berkepanjangan.

Belum lagi masalah maraknya kasus narkotika dan obat-obat berbahaya. Pendidikan karakter dan akhlak secara holistik dan berkesinambungan pungkasnya, diharapkan mampu menjadi alternatif solusi berbagai persoalan tersebut. (ZAR)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Copyright © 2018 Sinjai Info

To Top