Kemkominfo Ajak Mahasiswa Sosialisasikan Literasi Digital – Sinjai Info
Edukasi

Kemkominfo Ajak Mahasiswa Sosialisasikan Literasi Digital


  Sabtu, 11 November 2017 12:26 pm

Sosialisasi Literasi Digital di Hotel Melia, Makassar, Sabtu (11/11)

Sinjai.Info, Makassar,-– Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) RI, menggelar Sosialisasi Literasi Cerdas Bermedia Sosial di Aula Pertemuan Hotel Melia, Makassar, Sabtu (11/11/2017) pagi. Hadir membuka acara sekaligus menjadi Keynote Speaker adalah Staf Ahli Menteri Kominfo Bidang Komunikasi dan Media Massa, Gun Gun Siswadi.

Dalam materinya di hadapan 100 mahasiswa yang menjadi peserta, Gun Gun menjelaskan pentingnya peran generasi muda dalam menangkal konten negatif yang sifatnya hoax atau kabar bohong.

“Saat ini hoax yang paling banyak ditemukan di media sosial adalah isu tentang sosial politik, yang jumlah mencapai 91,8 persen. Olehnya itu saya mengajak generasi muda menjadi yang terdepan dalam melakukan literasi digital,” harapnya.

Narasumber lainnya, Indriyatno Banyumurti yang juga Pembina Relawan TIK Pusat menyoroti masih rendahnya budaya literasi. Banyak fakta yang terjadi ungkapnya, ketika pengguna media sosial membagi informasi hanya dengan membaca judul saja, padahal bisa saja katanya informasi itu hoax.

“Fakta lainnya adalah adalah berita benar yang justru kadang dianggap sebagai hoax. Makanya lihat sumber informasinya, cari perbandingan, dan apakah postingan itu sesuai dengan nalar,” jelas Indriyatno pada sosialisasi yang dipandu Ketua Relawan TIK Sulawesi Selatan, Zainal Abidin Ridwan.

Sosialisasi Literasi Cerdas Bermedia Sosial dengan tagline ‘Mudamudigital’ turut dihadiri dua orang pembicara dari Direktorat Tindak Pidana Siber Bareskrim Polri, yakni Ipda Bambang Meiriawan, dan Ipda Agus Ristiana. (ZAR)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2018 I All Right Reserved

To Top