Kursus Kepemiluan di KPU Sinjai Mulai Digelar – Sinjai Info
Pilkada

Kursus Kepemiluan di KPU Sinjai Mulai Digelar


  Jumat, 23 November 2018 5:34 am

Pelaksanaan Kursus Kepemiluan gelombang pertama di KPU Sinjai (foto: doc kpu)

Sinjai.Info, Sinjai Utara,– Kursus Kepemiluan untuk gelombang pertama mulai berlangsung di Aula KPU Sinjai, Jumat (23/11/2018) pagi. Pelaksanaan kursus ini dibuka oleh Ketua KPU Sinjai, Muhammad Naim.

Program Kegiatan Kursus Kepemiluan kata anggota KPU Sinjai, Nurhikmah, adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih.

“Selain itu juga alumni dari kursus kepemiluan ini nantinya dipersiapkan untuk menjadi penyelenggara Ad Hoc di tingkat KPPS maupun relawan demokrasi,” terangnya.

Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas-luasnya, di mana diberikan pendidikan mengenai kepemiluan yang nantinya akan menjadi mitra KPU Kabupaten Sinjai dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih.

“Bentuk peran serta peserta ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam pemilu secara optimal,” pungkasnya. Kursus kepemiluan berlangsung dalam tiga gelombang. Setiap gelombang diikuti oleh 25 peserta.

Adapun materi yang peserta kursus kepemiluan dapatkan adalah pembinaan dan buka suasana, nilai demokrasi dan prinsip pemilu bebas dan adil, hak pilih dan kategori pemilih, Pemungutan dan penghitungan suara. Materi lainnya adalah etika dan pidana pemilu, Rencana Tindak Lanjut, serta Evaluasi Penilaian. (ZAR)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2018 I All Right Reserved

To Top