Pemda Sinjai Harusnya Mendorong Program Peningkatan IPM – Sinjai Info
Ragam

Pemda Sinjai Harusnya Mendorong Program Peningkatan IPM


  Jumat, 18 Maret 2016 6:35 am

2016-02-27 11.44.15Ulasan: Musaddaq (Koord. Divis Advokasi Masyarakat Sipil, KOPEL Indonesia)

Sinjai Utara, Sinjai.info,- Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Sinjai berada di peringkat 20 dari 24 kab/kota di Sulawesi Selatan, dengan capaian 63,83. Peringkat ini lebih baik dari Kabupaten Selayar yang berada di peringkat 21 dan Kabupaten Takalar yang berada di peringkat 22 berdasarkan data sosial makro ekonomi Kab/kota tahun 2014.

Penentuan indeks ini berdasarkan beberapa indikator yakni angka harapan hidup, rata-rata lama sekolah, harapan lama sekolah, dan pengeluaran perkapita. Berdasarkan indikator itu, angka harapan hidup 66,3 tahun, rata-rata lama sekolah 7,03 tahun, harapan lama sekolah 11,9 tahun, dan pengeluaran per kapita per tahun Rp 8,27 juta.

Menurut data tersebut, mestinya pemerintah daerah Kabupaten Sinjai mendesain rencana strategi, dengan lebih fokus mendorong program-program yang berkontribusi meningkatkan IPM Kabupaten Sinjai. Membuat program-program monumental seperti pembangunan tugu yang menelan anggaran hingga milyaran rupiah justru tidak memberikan dampak yang signifikan bagi rakyat. (ZAR)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2018 I All Right Reserved

To Top