hari jadi hari jadi
komunika

Pemkab Sinjai Akan Digitalisasi Pelayanan Publik


  Rabu, 21 Agustus 2019 10:49 am

Bupati Sinjai dan Bupati Bone (tengah) bersama beberapa pejabat Pemkab Sinjai disela-sela pelaksanaan Rakernas APKASI di Denpasar, Bali, Rabu (21/08) Rakernas membahas digitalisasi pelayanan publik. (foto: takdir)

Sinjai.Info, Bali,– Rapat Kerja Nasional Asosiasi Pemerintah Kabupaten Seluruh Indonesia (APKASI) resmi dimulai, Rabu (21/08/2019) di Nusa Dua Convention Center Denpasar, Bali. Rakernas APKASI dibuka oleh Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Eko Putro Sandjojo, didampingi Sekjen Kemendagri.

Rakernas APKASI yang dirangkaikan Apkasi Smart Regency and Forum 2019 ini turut dihadiri Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa, didampingi Asisten Pemerintahan Setdakab, Dr. H. Mukhlis Isma, Pelaksana Tugas Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai, Irwan Suaib, dan Kepala Bappeda Sinjai A. Ilham Abubakar.

Ketua Umum APKASI, Abdullah Azwar Anas yang juga Bupati Banyuwangi menyampaikan bahwa salah satu program APKASI ke depan adalah program peningkatan kapasitas SDM Pemerintah Kabupaten dalam bentuk short course dan studi tiru. Hal ini katanya penting dilakukan dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Bupati Sinjai, disela-sela acara menyampaikan bahwa Revolusi industri 4.0 sebagai perkembangan peradaban modern telah dirasakan dampaknya pada berbagai sendi kehidupan yang menjadikan perubahan semakin cepat, sehingga pemerintah daerah dituntut untuk lebih Transparansi dan akuntabilitas serta responsif.

“Olehnya itu ke depan di Sinjai kita akan memanfaatkan digitalisasi untuk pelayanan publik sehingga masyarakat lebih mudah, murah, dan cepat mendapatkan pelayanan. Di samping itu akan melakukan kerjasama dengan Bukalapak yg difasilitasi oleh Apkasi untuk memasarkan produk-produk Sinjai di Bukalapak, serta melakukan pembinaan untuk menghadirkan startup-startup baru,” terang Bupati.

Sementara itu Plt. Kadis Kominfo dan Persandian Sinjai, Irwan Suaib yang mendampingi Bupati mengatakan sesuai dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Sinjai, yaitu Smart Kampung, Diskominfo dan Persandian akan menggandeng pihak swasta untuk datang ke Sinjai atau kerjasama dengan Pemda untuk membangun jaringan, melatih untuk peningkatan sumber daya manusia sehingga peningkatan pelayanan publik melalui digitalisasi akan maksimal.

“Kami optimis dengan kerjasama baik dengan perangkat daerah dan pemerintah desa akan lebih mudah mewujudkan pelayanan publik digitalisasi dengan smart kampung,” katanya. Rakernas APKASI dijadwalkan berlangsung selama tiga hari. (adv)

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2020 I All Right Reserved

To Top