hari jadi hari jadi
Ekobis

Tenaga IKM Ikuti Pelatihan di Sentra IKM Sinjai


  Rabu, 5 Agustus 2020 10:09 am

Para peserta Diklat 3in1 di Sentra IKM Sinjai, Selasa (04/08). Mereka mengikuti Diklat yang diadakan Balai Diklat Industri (BDI) Makassar. (foto: kari/sinjaiinfo)

Sinjai.Info, Sinjai.Utara,– Bupati Sinjai, Andi Seto Gadhista Asapa dari ruang kerja rumah jabatan Bupati, mengikuti Pembukaan Diklat 3 In 1 dalam pembuatan aneka olahan berbasis ikan angkatan Vlll dan pembuatan aneka olahan berbasis rumput laut angkatan V Tahun 2020 Onsite di Sinjai yang dibuka Kepala BPSDMI secara virtual.

Diklat ini bertempat di UPTD Sentra IKM pengolahan Ikan Larea-rea, Selasa (04/08/2020).

Andi Seto Gadhista Asapa menyampaikan apresiasi dan terima kasih dari Pemkab Sinjai, kepada BPSDMI kementerian perindustrian, khususnya Balai Diklat Industri (BDI) Makassar atas kepercayaannya memberikan kesempatan Kabupaten Sinjai sebagai tempat untuk melakukan pelatihan pembuatan aneka olahan ikan dan aneka olahan rumput laut.

“Pemda Sinjai menyambut baik dan sangat mendukung kegiatan diklat ini karena memiliki upaya yang sangat penting sebagai upaya peningkatan sumber daya manusia khususnya pada sektor industri perikanan dan hasil laut serta sebagai ajang promosi, komersialisasi dan penyebaran informasi formasi untuk berbagai produk yang dikelola oleh sentra IKM Pengelola Hasil Perikanan di Sinjai”, Ucapnya

Lebih lanjut Bupati Sinjai mengatakan, Kabupaten Sinjai merupakan salah satu kabupaten di Sulawesi Selatan yang memiliki potensi perikanan tangkap yang sangat besar, yang dibuktikan pada tahun 2019 total produksi hasil produksi penangkapan ikan senilai Rp528.147 Miliyar dengan total produksi 35.935 ton pertahun dan budidaya perikanan senilai Rp58.926 Miliyar dengan produksi sebesar 43.572 ton dalam setahun.

Demikian pula, potensi rumput laut juga sangat menjanjikan dan kualitasnya juga sangat baik karena terhindar dari polusi limbah industri dengan areal budidaya kurang lebih 716,5 dengan produksi lebih dari 12.220 ton pertahun

Sementara itu, dari UPTD Sentra IKM Larea-rea, Kepala Seksi Penyelenggara Diklat Industri Makassar, Irwan Syakari Menyampaikan bahwa tujuan utama kegiatan ini, yaitu usaha dalam menumbuhkan kapasitas SDM dalam perindustrian terkhusus kepada industri kecil-kecilan dan menengah yang ada di Kabupaten Sinjai sabagai salah satu upaya atau bekal pada saat bekerja.

Peserta diklat itu sendiri terbagi atas 2 kategori peserta, yaitu tenaga kerja industri kecil dan menengah kemudian calon wirausaha industri baru.

Peserta diklat tetap mematuhi Protokol Kesehatan, tetap memakai masker dan menjaga kesehatan.

(kari)

Berita Populer

To Top