Wisatawan Domestik Padati Pesta Adat di Karampuang – Sinjai Info
Selasa 25 September 2018
Selasa, 25 September 2018

Sinjai Info

komunika

Wisatawan Domestik Padati Pesta Adat di Karampuang


  Senin, 30 Oktober 2017 10:54 am

Salah satu prosesi adat Mappugau Sihanua di Karampuang, Kab. Sinjai

Sinjai.Info, Bulupoddo,— Pesta adat Mappugau Sihanua kembali menyedot perhatian ribuan warga dari berbagai daerah di Indonesia. Tradisi sarat makna di kawasan adat Karampuang, Desa Tompobulu, Kecamatan Bulupoddo, Kabupaten Sinjai, ini digelar pada Senin (30/10/2017).

Salah seorang pengunjung, Ernawati yang juga pejabat di Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Sinjai mengaku baru kali ini menginjakkan kaki di kawasan adat Karampuang.

“Saya dari Surabaya dan baru dua bulan bertugas di Sinjai. Kebetulan kami dapat undangan menghadiri pesta adat ini, ternyata sangat meriah dan pelaksanaannya sangat sakral,” kata Ernawati.

Pengunjung ber-swafoto dengan latar belakang ribuan warga yang akan naik ke bukit Karampulue

Selain Ernawati, pengunjung lainnya, Ratna juga baru pertama kali ke Karampuang. Ia yang selama ini tinggal di Bengkulu sebenarnya punya ikatan emosional dengan Karampuang. “Orang tua kami asalnya dari sini (karampuang),” katanya singkat.

Acara puncak Mappugau Sihanua turut dihadiri Plt Sekda Sinjai, Akbar Mukmin beserta unsur Forkopimda, dan sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah. Prosesi akhir dari tradisi ini adalah Menre’ ri Bulu. Ribuan warga mengikuti prosesi ini, sehingga mereka berdesak-desakan naik ke puncak bukit Karampulue di kawasan adat tersebut.

Mappugau Sihanua adalah pesta adat yang digelar pada bulan Oktober atau Nopember tahun berjalan. Digelar sebagai bentuk rasa syukur atas panen yang melimpah. (Satri)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2018 I All Right Reserved

To Top