Akhirnya Dusun Terpencil di Sinjai Borong Nikmati Listrik – Sinjai Info
komunika

Akhirnya Dusun Terpencil di Sinjai Borong Nikmati Listrik


  Sabtu, 12 Mei 2018 1:53 pm

Pejabat dari Kementerian ESDM RI saat meresmikan pemanfaatan PLTMH di Dusun Mattiro Tasi, Kecamatan Sinjai Borong, Sabtu (12/5) pagi (foto: doc humas)

Sinjai.Info, Sinjai Borong,— Kepala Desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong, Ahmad P tak mampu menyembunyikan kebahagiaannya, setelah Desa yang dipimpinnya mendapatkan bantuan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) dari Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM). PLTMH tersebut ditempatkan di Dusun Mattirotasi.

Menurutnya, Dusun Mattirotasi selama ini hanya diramaikan dengan suara burung, dan sekarang ini warga di sana sudah merasakan listrik dan bisa menonton televisi.

“Dengan adanya bantuan dari Kementerian ESDM maka masyarakat Desa Batu Belerang langsung merasakan perubahan yang dulunya kegelapan, sekarang sudah merasakan terang benderang,” kata Kepala Desa Batu Belerang, saat menyambut kedatangan Direktur Perencanaan dan Pembangunan Infrastruktur Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE), Kementerian ESDM RI, Noor Arifin Muhammad.

Noor Arifin yang didampingi anggota DPR RI, Hj. Yuliani Paris, dan Plt. Bupati Sinjai, H. A. Fajar Yanwar hadir di Desa Batu Belerang untuk meresmikan Pembangkit Listrik Tenaga Mikro Hidro (PLTMH) Kapasitas 35 KW di Dusun Mattirotasi, Desa Batu Belerang, Kecamatan Sinjai Borong, Sabtu (12/5/2018).

“Listrik merupakan kebutuhan dasar manusia, oleh karena itu pemerintah sangat fokus untuk mengembangkan dan melakukan pembangunan pembangkit listrik khususnya Energi baru terbarukan baik skala besar maupun skala kecil, hal ini dilakukan selain meneruskan program bapak Presiden yakni Pembangunan listrik sebesar 35.000 mega watt juga dalam rangka mengurangi pemanfaatan bahan bakar minyak yang bersumber dari fosil yang tidak dapat diperbaharui serta cadangannya semakin menipis,” urai Noor Arifin.

Ia juga berharap listrik di Mattirotasi bisa membawa perubahan untuk masyarakat, dan berharap semoga pembangkit yang diresmikan ini bisa dirawat oleh penduduk setempat. Harapan yang sama juga dikatakan Plt Bupati Sinjai. “Masyarakat harus menjaga, merawat dan memelihara PLTMH ini serta kelestarian lingkungan hidup sekitarnya, semoga dapat dimanfaatkan dalam jangka waktu yang lama,” harapnya.

Sementara itu salah seorang warga Mattirotasi, Syukri, meluapkan kegembiraannya usai peresmian PLTMH. “Alhamdulillah sudah adami listrik di Dusun kami. Bisa maki menonton televisi, pak,” katanya dalam dialek Bugis. Peresmian PLTMH ini dihadiri pula unsur Forkompida, dan Tripika setempat. (Ads)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

Copyright © 2018 Sinjai Info

To Top