hari jadi hari jadi
Edukasi

Dosen IAIM ini Sebut Kajian New Normal Belum Tuntas


  Selasa, 23 Juni 2020 10:17 am

Sinjai.Info, Sinjai Utara, — Akademisi yang juga Dekan Fakultas Ekonomi dan Hukum Islam IAIM Sinjai, Rahmatullah mengatakan kajian aturan kenormalan baru atau new normal belum tuntas di pemerintah pusat.

Pemberlakuan tentang zona merah dan zona hijau, ungkapnya masih ditekankan oleh pemerintah pusat. New normal yang dimaksud adalah skema normal daerah yang sudah masuk zona hijau, dan Sinjai belum termasuk zona itu, katanya Selasa (23/06/2020).

Terkait penerapan new normal dalam lingkungan pendidikan, Rahmatullah menyebutkan pentingnya menyiapkan sumber daya manusia bagi masyarakat, dan peserta didik khususnya di Kabupaten Sinjai.

“SDM ini harus mampu adaktif terhadap kondisi yang ada, baik itu peserta didik maupun pengajar itu sendiri misalnya guru, dosen mampu adaptif terhadap kondisi saat ini,” jelasnya.

Ada tiga hal yang sangat sulit dikaji secara psikologi terhadap konten New Normal ini kalau skema daring atau online yang dilakukan dalam penggunaan teknologi.

“Yang pertama, kompetensi praktik anak-anak dalam bertatap muka itu sangat sulit untuk dikontrol. Yang kedua, sikap peserta didik sangat sulit untuk dikontrol, dan yang ketiga nilai perilaku, ini yang perlu dibuat formulasinya untuk bagaimana seorang guru mampu berinovasi dan pemerintah tidak boleh diam melihat apa yang terjadi hari ini,” harap mantan aktivis mahasiswa ini.

Terakhir ia menyebutkan, Covid-19 merupakan tantangan untuk menyiapkan sumber daya manusia yang adaktif di Era New Normal. Pemerintah pusat dan daerah harus memperkuat kerjasama, agar mampu mengaplikasikan kebijakan pendidikan sesuai kondisi daerah masing-masing.

(tamsil)

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2020 I All Right Reserved

To Top