Gempa Bumi, Warga Diimbau Tetap Tenang – Sinjai Info
komunika

Gempa Bumi, Warga Diimbau Tetap Tenang


  Selasa, 12 Desember 2017 1:01 am

Sinjai.Info, Sinjai Utara,-– Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Wilayah IV Makassar, merilis terjadinya gempa tektonik yang terjadi pada titik koordinat episenter 5.24 LS dan 120.21 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 12 km Tenggara Sinjai, pada kedalaman 12 km.

Kepala Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Wilayah IV Makassar, A.Fachri Radjab melalui rilisnya menjelaskan bahwa gempa terjadi pada Selasa (12/12/2017) pukul 01:04:25 Wita, dengan kekuatan M=3.8 Skala Richter

“Ditinjau dari kedalaman hiposenternya, tampak bahwa gempabumi ini merupakan gempabumi kedalaman dangkal akibat aktivitas Sesar Walanae. Getaran gempabumi diperkirakan dirasakan pada skala I SIG (Skala Intensitas Gempabumi) BMKG atau setara I-II MMI di Sinjai, dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempabumi,” jelas A. Fachri saat merinci data kegempaan yang terjadi di Tenggara Sinjai.

Ia juga mengimbau masyarakat di sekitar lokasi sumber gempa bumi agar tetap tenang, mengingat gempabumi yang terjadi berkekuatan relatif kecil dan tidak berdampak merusak.

Kendati demikian, sebagian besar masyarakat Sinjai khususnya yang berada di Kecamatan Sinjai Utara sempat panik, akibat getaran gempa sangat terasa. (ZAR)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2018 I All Right Reserved

To Top