Bursa Inovasi Desa akan Digelar di Sinjai – Sinjai Info
Info Desa

Bursa Inovasi Desa akan Digelar di Sinjai


  Selasa, 12 Desember 2017 2:31 am

Sinjai.Info, Sinjai Utara,– Inovasi yang lahir dari Desa akan dipamerkan di Kabupaten Sinjai. Tepatnya pada perhelatan yang akan diselenggarakan oleh Pemerintah Kabupaten Sinjai, yakni Bursa Inovasi Desa atau disingkat BID. Kegiatan ini akan dilaksanakan pada Kamis (14/12/2017) Pukul 09.00 Wita di Gedung Pertemuan, Jalan Persatuan Raya, Kecamatan Sinjai Utara

Berdasarkan rilis yang diterima Redaksi Sinjai Info, pelaksanaan BID ini berdasarkan Surat Keputusan Direktur Jenderal PMD Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor 24 tahun 2017, tentang Petunjuk Teknis Bantuan Pemerintah Pengelolaan Pengetahuan dan Inovasi Desa.

“BID dijadwalkan dibuka secara resmi oleh Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya. Seluruh pejabat di lingkup Pemerintah Daerah Kabupaten Sinjai akan diundang menghadiri acara pembukaan. Demikian pula unsur Forkopimda, serta para Camat se-Kabupaten Sinjai,” terang Humas BID yang juga Tim Koordinasi Program Inovasi Desa, Zainal Abidin Ridwan dalam rilisnya.

Bursa Inovasi Desa merupakan bagian dari tahapan Program Inovasi Desa. Bursa ini menawarkan kegiatan-kegiatan terkait pembangunan desa yang telah dinilai inovatif. Selain itu, Bursa Inovasi Desa juga ditujukan untuk membangun komitmen replikasi inovasi-inovasi yang sesuai oleh Pemerintah Desa, mencari inovasi yang belum terdokumentasi serta membagi informasi penyedia jasa layanan teknis yang dibutuhkan desa dalam mereplikasi sebuah inovasi. Dan seluruh Desa di Kabupaten Sinjai akan terlibat penuh pada pelaksanaan BID.

Di lokasi BID akan disiapkan Jendela Inovasi. Pada masing-masing jendela ada kartu yang disiapkan, yakni Kartu Komitmen dan Kartu Ide. Kartu Komitmen merupakan kartu yang diisi oleh peserta BID dari hasil ketertarikannya terhadap beberapa replikasi yang telah ditayangkan. Sementara Kartu Ide, adalah kartu di mana peserta mengusulkan beberapa ide inovasi yang sebelumnya belum tertuang dalam lembar replikasi, tapi dianggap baik untuk pengembangan desa ke depan. (Kari)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2018 I All Right Reserved

To Top