Harga Rumput Laut di Pulau Sembilan Rawan Dimainkan Tengkulak – Sinjai Info
Ekobis

Harga Rumput Laut di Pulau Sembilan Rawan Dimainkan Tengkulak


  Rabu, 27 Desember 2017 2:20 am

Sinjai.Info, Pulau Sembilan,-– Harga rumput laut di sejumlah daerah termasuk Kabupaten Sinjai sangat mudah dipermainkan tengkulak. Pembudidaya nyaris tidak punya posisi tawar untuk menentukan harga, meski kualitas rumput laut mereka bagus.

Salah seorang pembudidaya, Nursidah mengakui bahwa informasi tentang harga rumput laut di pasaran hanya mereka dapatkan dari para pengepul.

Pembudidaya rumput laut di Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai saat memilah bibit rumput laut yang akan dibudidayakan. Foto: ZAR/Sinjai.Info

“Kalau para pengepul datang, mereka baru menyampaikan harga rumput laut kepada kami. Pengepul biasanya datang dari Makassar, tapi ada juga yang langsung menjemputnya dari pengepul lokal,” beber Nursidah saat ditemui Sinjai Info di Pulau Kambuno, Kecamatan Pulau Sembilan, Senin (25/12/2017) baru-baru ini.

Hal yang disampaikan pembudidaya lainnya, Ramlah. Katanya, mereka hanya pasrah ketika pengepul menyampaikan secara lisan bahwa harga rumput laut di pasaran sedang turun drastis.

Harga rumput laut per Desember 2017 ini ungkap Nursidah variatif berdasarkan jenis rumput lautnya. Ada yang harganya Rp2.500 per kilogram, adapula Rp5.700 perkilogram. (ZAR)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2018 I All Right Reserved

To Top