Kemendikbud RI Apresiasi Pesta Adat Marrimpa Salo – Sinjai Info
komunika

Kemendikbud RI Apresiasi Pesta Adat Marrimpa Salo


  Rabu, 17 Oktober 2018 6:31 am

Lomba menghias perahu pada pesta adat Marrimpa Salo di Desa Bua, Kecamatan Tellu Limpoe (foto: ZAR/sinjai info)

Sinjai.Info, Tellu Limpoe,– Kepala Sub Direktorat Pengetahuan dan Ekspresi Budaya Kemendikbud RI F.Sri Lestariyati, berterima kasih kepada Pemerintah Kabupaten Sinjai yang menjadikan tradisi budaya sebagai wadah untuk menjaga kebersamaan dan solidaritas sesama warga masyarakat.

Seperti pesta adat Marrimpa Salo, ungkapnya, adalah tradisi yang harus dilestarikan karena mengandung nilai-nilai kearifan lokal, seperti gotong royong dan kebersamaan. Pernyataan ini disampaikan Sri Lestariyati, saat memberikan sambutan pada acara pembukaan Pesta Adat Marrimpa Salo di Desa Bua, Kecamatan Tellu Limpoe, Rabu (10/10/2018) siang.

Apresiasi yang sama turut diungkapkan Bupati Sinjai A. Seto Gadhista Asapa, yang hadir langsung menyaksikan tradisi yang baru kali pertama ia ikuti dalam kapasitas sebagai Bupati Sinjai. Ia memuji dan mengapresiasi perhatian Kemendikbud RI, yang memberi dukungan penuh atas pelaksanaan Pesta Adat Marrimpa Salo.

“Terima kasih kepada Kemendikbud RI yang hadir dan memberikan dukungan penuh pada pelaksanaan pesta adat Marrimpa Salo,” kata Bupati Sinjai. Usai memberikan sambutan dan menyaksikan acara hiburan, Bupati dan rombongan naik ke perahu yang sudah disiapkan guna memulai prosesi Marrimpa Salo atau menghalau ikan di Sungai.

Puluhan perahu berbagai ukuran berpartisipasi pada acara tersebut. Bersama perahu yang ditumpangi Bupati dan rombongan, mereka memulai prosesi Marrimpa Salo dari hulu sungai menuju muara. Prosesi ini adalah salah satu cara tradisional menggiring ikan ke muara sungai. Ikan yang berkumpul akan digiring hingga ke muara di mana sudah terpasang jaring perangkap.

Bupati Sinjai, dan pejabat dari Kemendikbud RI tampak menikmati prosesi ini. Sesekali mereka melempar senyum dan lambaian tangan kepada warga yang ada di perahu lainnya.

Sebelum acara puncak Marrimpa Salo, panitia dari Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Sinjai menggelar lomba menghias perahu, lomba merajut jaring, dan lomba kuliner olahan hasil laut.

Selain Bupati dan Kasubdit Pengetahuan dan Ekspresi Budaya Tradisional, hadir pada acara puncak Marrimpa Salo antara lain unsur Forkopimda, Anggota DPRD Sinjai,Pimpinan BUMN/BUMD, Instansi Vertikal, tokoh masyarakat dan tokoh pemuda, serta mantan Bupati Sinjai Andi Rudiyanto Asapa. (ZAR)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2018 I All Right Reserved

To Top