Kemenko Maritim dan Unhas Siap Berangkatkan Tim ENJ ke Pulau Sembilan – Sinjai Info
Selasa 25 September 2018
Selasa, 25 September 2018

Sinjai Info

Edukasi

Kemenko Maritim dan Unhas Siap Berangkatkan Tim ENJ ke Pulau Sembilan


  Rabu, 11 Juli 2018 3:48 am

Peserta KKN Tematik Unhas yang siap diberangkatkan ke Kecamatan Pulau Sembilan (foto: doc fajar)

Sinjai.Info, Makassar,– Kemenko Maritim RI bekerja sama dengan Universitas Hasanuddin (unhas) kembali akan memberangkatkan Tim Ekspedisi Nusantara Jaya (ENJ) untuk melakukan pengabdian masyarakat. Kali ini yang menjadi lokasi sasaran adalah Kecamatan Pulau Sembilan, Kabupaten Sinjai.

Ekspedisi yang juga adalah bagian dari Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik ini akan dimulai pada 19 Juli 2018. Tim yang berjumlah 25 orang ini akan berkeliling ke sembilan pulau, dan menetap di salah satu pulau selama sebulan.

Menurut Koordinator KKN Tematik ENJ Unhas 2018, fajar, kegiatan ini sebagai pemantik untuk kembali menumbuhkan rasa nasionalisme bagi seluruh elemen. Ia mengungkapkan, lautan beserta isinya adalah sumber kehidupan dan Ilmu yang harus berkelanjutan.

“Melalui kerja nyata berbasis Ilmu Pengetahuan lintas disiplin ini, besar harapan kami agar membawa Iklim postif untuk masyarakat yang ada di sana (pulau sembilan). Aspek Ekologis merupakan tantangan kami untuk memberikan pemahaman kepada masyarakat betapa pentingnya mencintai alam agar tercipta pembangunan berkelanjutan,” ungkap Fajar yang juga Mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unhas ini.

“Kami juga akan melakukan kegiatan pemberdayaan masyarakat agar mengarah kepada kesejahteraan sosial. Besar harapan kami agar pemerintah Kabupaten Sinjai sepenuhnya mendukung kegiatan ini agar nantinya dapat sinergis,” tambah Fajar melalui rilis yang ia kirim ke redaksi Sinjai Info, Rabu (11/07/2018) pagi.

Selain Mahasiswa, 25 orang anggota tim yang akan berangkat ke Pulau Sembilan berasal dari unsur satgas dan 2 orang dosen selaku supervisor KKN Tematik ENJ.

Mahasiswa yang terpilih untuk mengikuti kegiatan ini adalah mahasiswa-mahasiswa yang berasal dari berbagai fakultas di Unhas, dengan berbagai bidang keilmuan yang berbeda dan telah melewati tahapan seleksi yang ketat. Sebelumnya peserta yang mendaftar berjumlah ratusan orang.

Sejak tahun 2016 Unhas sudah mulai melaksanakan kegiatan Ekspedisi Nusantara Jaya yang bekerja sama langsung dengan Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman RI.

Untuk kegiatan di Pulau Sembilan, Tim KKN tematik Ekspedisi Nusantara Jaya Unhas membuka kesempatan berdonasi bagi semua orang yang ingin menyumbangkan baik itu buku-buku bacaan, alat tulis (buku tulisan, pensil, pulpen dsb), Al-Quran, peralatan salat seperti sarung dan mukenah, dll.

“Untuk mendonasikan sumbangan, cukup menghubungi narahubung, yaitu Muh.Hajrani Basman (Tlp/Wa 085299999937) atau Nanda Nur Anugrah (Telp/Wa 081224005687),” pungkas Fajar dalam rilisnya. (ZAR)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2018 I All Right Reserved

To Top