hari jadi hari jadi
Ragam

Kerumunan Warga Warnai Proses Penyaluran BST


  Kamis, 21 Mei 2020 3:53 am

Tampak kerumunan warga penerima manfaat Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kantor Pos Sinjai, Kamis (21/05) pagi. Proses penyaluran BST ini juga memacetkan arus lalu lintas di depan Kantor Pos Sinjai. (foto: ZAR/sinjaiinfo)

Sinjai.Info, Sinjai Utara, — Penyaluran Bantuan Sosial Tunai (BST) di Kecamatan Sinjai Utara, tidak berjalan sesuai protokol penanggulangan Covid-19. Penyaluran bantuan bertempat di Kantor Pos Sinjai, Jalan Persatuan Raya, Kecamatan Sinjai Utara, Kamis (21/05/2020) pagi.

Ratusan penerima manfaat tampak berkerumun di tiga titik, seperti di halaman kantor pos, depan jendela yang dibuka untuk pelayanan, dan di depan pintu masuk kantor.

Pantauan Sinjai Info, ratusan warga sudah memadati halaman Kantor Pos sejak pukul 08.30 wita. Tidak ada unsur pengamanan dari Polisi atau TNI di lokasi. Alhasil, timbul kemacetan lalu lintas di depan Kantor Pos, yang memang berada di jalan poros Sinjai-Bulukumba.

Ratusan warga penerima manfaat ini berasal dari Kecamatan Sinjai Utara, masing-masing dari Kelurahan Biringere, Alehanuae, Bongki, dan Lamatti Rilau.

Sementara warga dari dua kelurahan lainnya, Balangnipa dan Lappa, akan menerima BST di kantor lurah masing-masing, pada pukul 13.00 wita, siang nanti.

“Kenapa seperti ini modelnya. Tidak ada juga penyampaian ke kami soal jadwal penyalurannya,” protes salah seorang perwira TNI dari Kodim Sinjai, lalu masuk menemui pimpinan Kantor Pos Sinjai.

Di dalam ruangan Kantor Pos, tampak terlihat melakukan koordinasi Kepala Dinas Kominfo dan Persandian Sinjai, Irwan Suaib, serta pejabat dari Dinas Sosial Sinjai.

BST Senilai Rp600 Ribu

BST adalah bantuan uang tunai sebesar Rp600 ribu, yang diberikan setiap bulannya selama tiga bulan. Total bantuan yang diterima per keluarga adalah Rp1,8 juta. Ini adalah penyaluran untuk tahap pertama.

BST disalurkan melalui Kementerian Sosial (Kemensos), Pos Indonesia, dan Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) dan akan diberikan kepada warga negara Indonesia (WNI) yang sudah atau terdaftar atau belum dalam Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) milik Kemensos.

Adapun metode penyaluran BST sebagai berikut:

  1. BST akan di transfer langsung ke rekening masing-masing penerima atau melalui PT Pos Indonesia;
  2. Bagi yag memilih sistem transfer rekening, berikut daftar rekeningnya: BRI, BNI, Mandiri dan BTN;
  3. Bagi yang tak punya rekening bank, pengambilan uang BLT melalui Kantor Pos;
  4. Proses pencairan langsung penerima BLT secara nontunai (transfer) tidak dikenai biaya dan bunga.

(ZAR)

Berita Populer

To Top