Pendiri PBI Apresiasi Pustaka Adhyaksa di Sinjai – Sinjai Info
Edukasi

Pendiri PBI Apresiasi Pustaka Adhyaksa di Sinjai


  Senin, 23 Juli 2018 5:37 am

Pendiri PBI Nirwan Ahmad Arsuka, saat memberikan sambutan usai peresmian ruangan baca Pustaka Adhyaksa di Sinjai (foto: doc humas)

Sinjai.Info, Sinjai Utara, — ‘Dari Sinjai untuk Indonesia’. Demikian bunyi sub tema yang dipilih Kejaksaan Negeri Sinjai (kejari) pada persemian ruangan baca, dan launching gerakan literasi bertajuk Pustaka Adhyaksa di Kantor Kejari Sinjai, Senin (23/07/2018) pagi.

Pustaka Adhyaksa adalah gerakan literasi yang digagas institusi kejaksaan yang berawal dari Kabupaten Sinjai.

“Itulah alasan kenapa kami namakan gerakan ini ‘dari Sinjai untuk Indonesia’. Pustaka Adhyaksa di Sinjai adalah pioner gerakan literasi intitusi kejaksaan di Indonesia. Semoga bisa menginspirasi,” kata koordinator Pustaka Adhyaksa yang juga Kasi Pidsus Kejari Sinjai, Hari Surahman.

Bagi Kepala Kejaksaan Negeri Sinjai, Noer Adi, keberadaan Pustaka Adhyaksa di Sinjai dan dilaunching pada Hari Bakti Adhyaksa, merupakan upaya pihaknya dalam mendorong peningkatan minat baca di Sinjai.

Ia berharap keberadaan Pustaka Adhyaksa juga menjadi media bertukar pendapat atau berdiskusi. “Untuk peningkatan SDM anak bangsa, saya mengajak kita semua menjadikan minat baca sebagai makanan sehari-hari,” pesan Noer Adi saat membacakan sambutan pada acara Tasyakuran Hari Bakti Adhyaksa tahun 2018 di Kantor Kajari Sinjai.

Pendiri PBI: Pustaka Adhyaksa adalah Inovasi Luar Biasa

Pendiri Pustaka Bergerak Indonesia (PBI) Nirwan Ahmad Arsuka, memuji langkah Kejari Sinjai yang menggagas terbentuknya Pustaka Adhyaksa pertama di Indonesia.

Pujian ini ia lontarkan ketika hadir dan memberikan sambutan usai peresmian ruangan baca Pustaka Adhyaksa Sinjai.

“Pustaka Adhyaksa adalah inovasi luar biasa dari Kejaksaan Negeri Sinjai. Ini betul-betul sebuah gerakan dari Sinjai untuk Indonesia dan sangat penting untuk kita viralkan,” puji Nirwan.

Ia juga bercerita bahwa secara biologis sumber daya manusia anak Indonesia tidak kalah dengan anak-anak di Amerika atau di Eropa.

“Indonesia hanya kalah dari jumlah bacaan. Orang Indonesia sepertinya lebih suka mengoleksi gadget. Bisa jadi jumlah gadget lebih banyak dari jumlah penduduk Indonesia,” ungkapnya.

Untuk menggerakan budaya literasi di Indonesia, peran relawan tambahnya sangat penting. Peran tersebut salah satunya dengan pengiriman buku secara gratis setiap sebulan sekali ke seluruh daerah di Indonesia.

“Buku berton-ton beratnya beredar di Indonesia berkat relawan Pustaka Bergerak. Suporternya adalah Presiden Jokowi yang meminta PT. Pos menggratiskan biaya pengiriman buku setiap tanggal 17. Pustaka Adhyaksa di Sinjai juga akan kami fasilitasi agar mendapatkan kiriman buku, ” tambah Nirwan.

Usai memberikan sambutan, pendiri PBI didampingi relawan PBI Ilham Nur dan Zainal Abidin menyerahkan buku kepada pengelola Pustaka Adhyaksa Sinjai.

Tasyakuran Hari Bakti Adhyaksa yang dirangkaikan peresmian Pustaka Adhyaksa dihadiri Bupati Sinjai, H. Sabirin Yahya dan unsur Forkopimda. (tamsil/ZAR)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2018 I All Right Reserved

To Top