hari jadi
Info Desa

Sekda Sinjai Resmikan ‘Sikola Pacaradde’


  Jumat, 24 Januari 2020 11:18 am

Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai, Akbar (pegang mic) meresmikan Sikola Pacaradde’ di Rumah Baca Lampu Badai, Kelurahan Bongki, Jumat (24/01) sore. Sikola Pacaradde adalah wadah bagi aparatur desa dan mereka yang mau belajar tentang pengelolaan desa. (foto: agusman/sinjaiinfo)

Sinjai.Info, Sinjai Utara,– Sikola Pacaradde’ diresmikan Sekretaris Daerah (sekda) Kabupaten Sinjai, Akbar Mukmin, pada Jumat (24/01/2020) sore. Peresmian bertempat di Rumah Baca Lampu Badai, Kelurahan Bongki, Kecamatan Sinjai Utara.

Sekda Sinjai dalam sambutannya menyampaikan apresiasi atas berdirinya lembaga tersebut, dan berharap aparat desa bisa memanfaatkannya untuk belajar.

Disela-sela acara Sekda juga meminta seluruh kepala desa yang ada di masing – masing kecamatan, melakukan kunjungan antar desa supaya terjalin silaturahim antar desa.

Sikola Pacaradde adalah akronim dari Sekolah Pendidikan Aparatur Cakap Aturan dan Penerapan Dana Desa. Salah satu penggagasnya adalah Musaddaq.

Saat acara ia memaparkan bahwa Sikola Pacaradde merupakan forum belajar yang akan melibatkan aparatur desa, BPD, BUMDes dan seluruh elemen masyarakat yang memiliki kepedulian yang tinggi terhadap perubahan di Desa.

“Dasar pertimbangan terbentuknya Sikola ini, yakni faktor kepedulian dan kesadaran untuk
berkontribusi dalam mendorong perubahan di Desa,” ungkapnya.

Aktivis KOPEL ini menambahkan, sejak berlakunya Undang-undang Desa, yang ditandai dengan digelontorkannya Dana Desa yang bersumber dari pusat, telah mengubah wajah desa dengan berbagai miniaturnya.

“Hanya saja, masih banyak juga desa yang memanfaatkan Dana Desa belum maksimal sehingga desa belum berubah dari berbagai aspek,” tambahnya.

Melalui launching Sikola Pacaradde, Musaddaq berharap peserta nantinya memahami visi misi lembaga, dan terbangun komitmen bersama untuk mendukung dan terlibat dalam mensukseskan Sikola
Pacaradde.

Pelaksanaan Pembelajaran sekolah pacaradde dijadwalkan setiap hari Sabtu dengan memedomani TOR dan Kurikulum yang telah disusun pelaksana.

(agusman/ZAR)

Berita Populer

To Top