Yayasan Makassar Sekalia Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut – Sinjai Info
Ragam

Yayasan Makassar Sekalia Kibarkan Merah Putih di Bawah Laut


  Sabtu, 18 Agustus 2018 6:08 am

Bendera Merah Putih yang dikibarkan di bawah laut Makassar (foto: Yayasan Makassar Sekalia)

Sinjai.Info, Makassar, — Sekelompok pemuda dari berbagai komunitas di Makassar yang dikoordinir oleh Yayasan Makassar Sekalia, menggelar upacara 17 Agustus dengan cara yang tak biasa. Mereka menggelar upacara secara bersamaan antara di atas Perahu Pinisi dan di bawah laut di perairan depan Kota Makassar atau di sebuah spot penyelaman, tak jauh dari Pulau Samalona Makassar.

Acara yang diikuti oleh sekitar 50 orang peserta tersebut berlangsung dengan khidmat dan tanpa satu kendala pun. Tim penyelam yang terdiri dari belasan penyelam itu sukses mengibarkan bendera di dalam air, bersamaan dengan pengibaran di Tiang Layar (Palajareng) Perahu Pinisi Bagimu Negeri.

Acara pengibaran bendera tersebut dimulai pada pukul 09.45 wita dan selesai pada pukul 10.10 wita.

Pembina Upacara, Dayat dari Yayasan Makassar Sekalia menyampaikan rasa syukur atas perjuangan para pahlawan dalam memperjuangkan kemerdekaan yang diplokamasikan 73 tahun yang lalu, sekaligus sebagai aksi nyata untuk menanamkan rasa cinta terhadap budaya Sulawesi Selatan, khususnya Pinisi yang kini telah mendapat pengakuan dunia oleh Unesco.

Andhika Mappasom, budayawan muda Sulsel yang turut dalam acara tersebut mengungkapkan bahwa, pengibaran bendera yang tak biasa di moment 17 Agustus adalah gambaran bahwa para pejuang di masa lalu bertempur dengan penjajah pada waktu dan tempat yang tak dapat diduga.

“Perang bisa pecah di mana dan kapan saja. Seperti pengibaran bendera di hari kemerdekaan yang dilakukan oleh berbagai komunitas di Makassar yang dilaksanakan di tempat yang tak biasa dan jauh dari hiruk pikuk massa. Laut adalah kesepian. Seperti sepinya nasib pejuang yang terabaikan setelah kemerdekaan. Intinya, pengibaran bendera yang tak biasa ini adalah momentum yang puitik. Melahirkan banyak hal baik dalam imajinasi,” ungkap Andhika dalam catatannya kepada Sinjai Info (ZAR)

 

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2018 I All Right Reserved

To Top