Disparbud Gelar FGD Pokok Pikiran Kebudayaan Sinjai – Sinjai Info
komunika

Disparbud Gelar FGD Pokok Pikiran Kebudayaan Sinjai


  Rabu, 24 Oktober 2018 7:56 am

Sekda Sinjai (tengah) saat hadir pada acara FGD PPKD yang diadakan Disparbud Sinjai (foto: humas)

Sinjai.Info, Sinjai Utara,– Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kabupaten Sinjai mulai didiskusikan dengan melibatkan semua elemen masyarakat, seperti unsur pemerintah daerah, akademisi, seniman, budayawan, organisasi kemasyarakatan, dan pegiat budaya. PPKD Pemkab Sinjai ini nantinya, akan diusulkan menjadi Pokok Pikiran Kebudayaan Nasional.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (disparbud) Kabupaten Sinjai Yuhadi Samad, pada acara Focus Grup Discussion (FGD) PPKD di ruang pola Kantor Bupati Sinjai, Rabu (24/10/2018) mengatakan bahwa kegiatan ini bertujuan untuk memperoleh masukan dan saran terkait penyusunan Pokok Pikiran Kebudayaan Daerah (PPKD) Kabupaten Sinjai.

“Usul ini nantinya akan dijadikan dokumen PPKD Kabupaten Sinjai, yang dapat menggambarkan kondisi faktual dan permasalahan kebudayaan yang dihadapi oleh Kabupaten Sinjai dalam upaya pemajuan kebudayaan nasional,” kata Yuhadi.

Sementara itu Sekretaris Daerah Kabupaten Sinjai Akbar, yang membuka acara FGD menekankan pentingnya pemajuan kebudayaan untuk mendukung pembangunan daerah.

“Harapan kami kedepannya, dengan adanya dokumen pokok pikiran kebudayaan daerah Kabupaten Sinjai ini dapat merumuskan strategi kebudayaan daerah yang lebih tepat dan terarah sehingga tujuan pembangunan kebudayaan daerah dapat terwujud,” jelasnya.

Ada 10 obyek pemajuan kebudayaan yang dipaparkan oleh Tim Ahli PPKD Kabupaten Sinjai, yang diketuai Prof A. Abd. Rasyid Asba. Obyek tersebut, yakni manuskrip, tradisi lisan, adat istiadat, ritus, pengetahuan tradisional, teknologi tradisional, seni, bahasa, permainan rakyat dan olahraga tradisional serta cagar budaya. (ads)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2018 I All Right Reserved

To Top