Popularitas SBY 52 Persen, A. Seto dan TMS 24 Persen – Sinjai Info
Pilkada

Popularitas SBY 52 Persen, A. Seto dan TMS 24 Persen


  Selasa, 13 Maret 2018 12:42 pm

Inzet: Popularitas Cabup Sinjai di daerah pesisir

Sinjai.Info, Sinjai Utara,– Selain melakukan survei untuk popularitas Calon Wakil Bupati (cawabup), Litbang Saluran Pilkada (SAPA) Sinjai Info juga melakukan survei terhadap popularitas Calon Bupati (cabup) Sinjai di wilayah pesisir Kecamatan Sinjai Utara, Sinjai Timur, dan Tellulimpoe, dengan jumlah responden sebanyak 242 orang.

Usia Responden terdiri dari 57 persen berusia 17-35 tahun, dan 43 persen berusia 36-50 tahun. Sementara pekerjaan responden adalah nelayan, ibu rumah tangga, pengelola usaha kecil menengah berbasis perikanan dan kelautan, serta juragan kapal, dengan Margin of Error (MoE) 6,3 persen.

Survei yang dilakukan pada 1-13 Maret 2018 menunjukkan bahwa petahana yang juga Cabup nomor urut 2, H. Sabirin Yahya memiliki popularitas dengan persentase 52 persen. Sebanyak 152 orang responden mengenal Sabirin dengan baik.

Yang menarik adalah popularitas Cabup nomor urut 1: A. Seto Gadhista Asapa dan Cabup nomor urut 3: Takyuddin Masse yang sama-sama memiliki tingkat popularitas sebesar 24 persen, atau dikenal dengan baik oleh 71 responden.

“Popularitas Cabup dan Cawabup itu saling menopang, olehnya ketika ada salah satunya yang memiliki popularitas rendah atau stagnan maka kandidat mesti menyusun strategi dan langkah-langkah baru untuk meraup suara, dan wilayah pesisir adalah potensi suara yang tidak kalah dengan wilayah daratan dan pegunungan,” kata akademisi yang juga pengamat sosial politik, DR. Hermansyah, kepada Sinjai Info, Selasa (13/3/2018) malam.

Lanjut DR. Hermansyah, Survei yang dilakukan oleh Litbang Sinjai Info patut diapresiasi dan merupakan informasi positif untuk para kandidat.

Kemudian harapan yang dititipkan seluruh responden kepada para kandidat yang dituangkan pada kuesioner, sebanyak 30 persen berharap diberikan modal usaha untuk pengembangan usaha berbahan baku ikan dan rumput laut, 26 persen nelayan berharap dibantu modal usaha, 21 persen berharap adanya kemudahan proses perizinan, dan 14 persen berharap kandidat memprogramkan bantuan perahu dan alat penangkapan. Hanya 8 persen responden yang berharap perbaikan infrastruktur jalan di daerah pesisir. (ZAR)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2018 I All Right Reserved

To Top