Triwulan Ketiga, Realisasi Belanja Langsung APBD Sinjai 61 Persen – Sinjai Info
komunika

Triwulan Ketiga, Realisasi Belanja Langsung APBD Sinjai 61 Persen


  Jumat, 2 November 2018 6:29 am

Rapat monitoring realisasi keuangan Pemkab Sinjai (foto: humas)

Sinjai.Info, Sinjai Utara,– Realisasi keuangan dari total belanja langsung pada APBD Kabupaten Sinjai tahun 2018 baru mencapai Rp302,8 miliar atau sekitar 61,05 persen, dari total yang harus dibelanjakan sebesar Rp535,6 miliar lebih.

Sementara dari sisi kinerja, total capaian target indikator telah dicapai rata-rata dari setiap Perangkat Daerah, yaitu sebesar 70.46 persen. Persentase pencapaian target kinerja yang terbesar di Organisasi Perangkat Daerah (OPD) adalah sebesar 94,77 persen, dan yang terkecil berada pada angka 47,42 persen.

Data-data ini disampaikan pada Rapat Monitoring dan Evaluasi Renja Perangkat Daerah dan Pelaksanaan DAK Triwulan III, di ruang pola Kantor Bupati Sinjai, Jumat (02/11/2018) pagi. Rapat dibuka oleh Wakil Bupati Sinjai Andi Kartini Ottong.

Ketua Panitia yang juga Kepala BAPPEDA Sinjai A.Ilham Abu Bakar, dalam laporannya menyampaikan bahwa tujuan dari pelaksanaan monitoring dan evaluasi Dokumen Rencana Kerja (Renja) Perangkat daerah adalah untuk mengevaluasi capaian kinerja kegiatan OPD, baik yang bersifat fisik maupun non fisik hingga triwulan III Tahun Anggaran 2018.

“Hasil evaluasi yang kita peroleh akan menjadi kinerja awal RPJMD atau menjadi acuan dalam memasang target ke depan. Begitu pun dengan berbagai kebijakan program kegiatan yang telah dilaksanakan sepanjang lima tahun terakhir, melalui evaluasi juga dapat dinilai efektifitas dan efisiensinya agar kita dapat merumuskan program kegiatan yang lebih baik ke depannya,”urai Kepala Bappeda dalam laporannya.

Wakil Bupati Sinjai dalam sambutannya saat membuka acara, berharap agar hasil dari evaluasi terhadap RPJMD yang telah berakhir menjadi bahan dalam penyusunan RPJMD periode 2018-2023 yang juga sementara disusun.

Sementara terkait realisasi keuangan, secara umum kata Wakil Bupati, tidak menunjukkan adanya ketertinggalan yang berarti, namun lebih disebabkan pada target indikator yang memang lebih banyak akan tercapai pada akhir tahun atau triwulan ke empat.
(ads)

Click to comment

Leave a Reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Berita Populer

PT. Puzacha Utama Mandiri ©2015-2018 I All Right Reserved

To Top